Desa Mojopuro Sragen Luncurkan Produk Unggulan Karya Warganya Sendiri

Desa Mojopuro Sragen Luncurkan Produk Unggulan Karya Warganya Sendiri
Gunarno ST Kepala Desa Mojopuro didampingi Rois Hidayat ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Putra Lawu saat memamerkan produk unggulan warga Desa Mojopuro. Senin (2/11/2020) Siang. (foto.JIS)

JATENG, SRAGEN- Pemerintah Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen pamerkan hasil produksi warganya, potensi usaha ini rencananya akan digencar. Peluncuran produk unggulan hasil karya warga yang terlahir dari kelompok Ibu-ibu PKK ini tentunya menjadi sebuah kebanggaan Pemerintah Desa.

Ide kreatif ini awalnya muncul dari gagasan Gunarno ST yang sekarang menjabat sebagai Kepala Desa.

Beberapa produk sudah diciptakan diantaranya sabun cuci pakaian dalam kemasan botol, sabun cuci piring dalam kemasan botol, obat pel lantai dalam kemasan botol, cemilan kripik ubi dalam kemasan plastik, pasta gigi, minuman jahe instan dalam kemasan plastik dan makanan lainnya dalam berbagai kemasan.

Produksi sudah berjalan 2 Tahun, namun pemasarannya masih berada peredaran lokal. Memang belum banyak yang tahu, harapannya lambat laun produk-produk ini akan dikenal dipasaran dan dapat digunakan secara merata oleh konsumen.

Gunarno ST Kepala Desa Mojopuro optimis hasil produksi warganya ini nantinya akan menjadi produk unggulan dan meledak dipasaran, walaupun pada perintisan awal memang membutuhkan perjuangan dalam pemasarannya.

"Kami berharap warga bersedia meningkatkan kesadaran untuk menggunakan produk-produk lokal daerah dan dalam Negeri. Seperti produk warga kami ini, nanti bisa meningkatkan kesejahteraan bagi secara keseluruhan, " paparnya.

Selain itu, Gunarno rencananya masih akan menambah jenis produk-produk lainnya untuk memenuhi kebutuhan pasar dan dapat bersaing hingga kancah Nasional.

Dalam prosesnya ada sedikit kendala yakni kekurangan beberapa alat, saat ini secara proses masih menggunakan peralatan manual, tentu hal ini menjadi pemicu keterlambatan produksi.

Sementara itu, Rois Hidayat berpendapat bahwa memang Pemerintah Desa harus mau dan aktif menggali potensi atau ketrampilan warganya, contohnya ya seperti bisa memproduksi berbagai jenis kebutuhan harian masyarakat seperti sabun, sampo, detergen dan produk lainnya. Jika bisa dijalankan tentunya nanti akan bisa mendongkrak perekonomian warga, warga akan menjadi sejahtera karena lapangan pekerjaan bisa didapat dengan mudah. Pemerintah Desa harus siap memfasilitasi, peran itu sebagai wujud kontrol tupoksi kepada warganya, jelas Rois. (Sugiyanto)

Pemerintah Desa Mojopuro Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen Ganjar Pranowo LPKSM Putra Lawu
Sugiyanto

Sugiyanto

Previous Article

Kodim Sragen Gelar Apel Antisipasi Penanggulangan...

Next Article

Proyek Rehab Gedung SDN Gilirejo 4 Miri...

Related Posts

Peringkat

Profle

Satria Ferry Sonarya verified

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 32

Postingan Tahun ini: 488

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 28

Postingan Tahun ini: 133

Registered: Feb 19, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 21

Postingan Tahun ini: 226

Registered: Sep 22, 2020

Edward Banjarnahor

Edward Banjarnahor

Postingan Bulan ini: 14

Postingan Tahun ini: 126

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Suhardi

Gelar Aksi Demo di PLTA, Meski Tidak Diakui Oleh Depati 4 Alam Kerinci, Ujung Kerajaan Pagaruyung Ngotot Campur Urusan Adat 
PLN Rayon Timur Palangka Raya Putus Jaringan Listrik Warga Seperti Debt Collector
Cuaca Ekstrim, BPBD Luwu Timur Himbau Warga Waspada
Simpang Tiga Sentot Kembali Ditutup
banner

Follow Us

Recommended Posts

Kodim Sragen Gelar Karya Bhakti Bronjongisasi
Mabes Polri Resmi Luncurkan Polisi Virtual
Kodim Sragen Buka TMMD Sengkuyung Tahap I  di Tahun 2021
Ibu Riana Dorong UMKM Ciptakan Produk Kerajinan Berdaya Saing dan Marketable di Pasaran
Tony Rosyid: Banjir Indonesia, Mau Salahkan Anies?